TIPS MEMBELI VW KODOK BEKAS

HAL YANG PERLU DIKETAHUI SEBELUM MEMBELI MOBIL VW KODOK BEKAS

Membeli mobil baru adalah keinginan semua orang,lalu bagaimana bila mobil itu sudah tidak diproduksi dan anda ingin membelinya? dalam kasus ini yaitu VW kodok yang bermesin Aircooled,maka sebagai orang awam anda harus mengechek hal-hal berikut:

  1. Mesin -Jatungnya VW adalah mesinnya. Pastikan mesinya kering karena meisn yang kering itu adalah mesin yang sehat. Namun banyak VW yang kurang baik perawatannya maka pasti di sana sini ada oli yang netes saat parkir mobil setelah mesin menyala.
  2. Kelistrikan – cek bahwa semua bagian kelistrikan rapi dan tertutup pengaman jangan sampai terjadi konslet. Apabila berisiko untuk konslet segara dirapikan cabel cabelnya. Kalau tidak maka siap siap mobilnya akan terbakar.
  3. Rem – untuk keamanan rem harus bekerja baik karena itu benteng terakhir dalam keselamatan anda. Cek apakah rem oli netes  atau tidak? Apakah kampas remnya sudah aus atau belum.
  4. Roda – Apakah bannya sudah gundul atau belum cek juga tentang peleknya eropa atau asia. Kalau regional Asia mungkin harus cek balancingnya terlebih dahulu.
  5. Body – untuk bodi itu tidak menjadi masalah karena biasanya VW bekas itu banyak karatnya. Yang perlu diperhatikan adalah DECK DAN RANGKA MASIH MODEL BAUT DENGAN BANTALAN KARET MEMUTAR BAWAH DECK,seringkali orang merasa ditipu dan tidak nyaman mengendarai kodok serasa suspensi mati karena deck dan rangka di las paten.Yang perlu di cek adalah apakah itu bisa terlindung dari hujan interiornya (atap dan karet2 kaca tidak bocor). Jangan sampe diluar hujan dan didalam kebanjiran.
  6. NOMOR MESIN dan NOMOR RANGKA sesuai surat dan surat harus lengkap.
  7. Yang tak kalah penting adalah CHEK KELENGKAPAN DAN AKSESORIS YANG TERTEMPEL APAKAH SESUAI TAHUN MOBILNYA ATAU JANGAN-JANGAN MOBIL ITU GADO GADO,maka dati itu untuk mengidentifikasinya silahkan chek foto dan keterangan dibawah ini:

 
 
 


  • Pada versi 1949, VW Kodok punya desain kaca belakang yang khas model split window atau terpisah. 
  • Pada 1951 detailnya sedikit berbeda, dengan adanya satu spion yang terletak di bagian kanan. 
  • Pada 1954-1959, desain kaca belakang tidak lagi terpisah, tapi masih berbentuk oval.  
  • Pada 1960-1969, desain kaca belakang mulai dan dengan penambahan lampu sen dan lampu rem di bagian belakang.
  • Pada 1966 VW Kodok mengusung mesin 1.100 cc menghasilkan tenaga 30 daya kuda pada putaran mesin 3.300 rpm dan torsi 68 Nm pada putaran mesin 2.000 rpm. Keberadaan mesin 1.100 cc diganti engan kapasitas yang lebih besar 1.200 cc bertenaga 40 daya kuda dengan rasio kompresi 7:1. 
  • Di era 1960an mulai masuk beberapa tipe VW Kodok seperti 1200, 1300, 1302, 1303, 1302LS, 1500, Super beetle, dan banyak lagi.
  • VW Kodok versi 1302 yang masuk di Indonesia antara 1970 hingga 1976. 
  • Versi 1302 menggunakan mesin four horizontally opposed pendingin udara, dengan kapasitas mesin 1.300 cc. Kemudian versi 1303 masuk Indonseia pada 1973 dengan lampu belakang dan interior yang lebih mewah dibanding versi 1302.
Apabila terdapat kesalahan tahun pembuatan dan seri harap dikoreksi pada kolom Komentar agar pembaca lain tahu dan lebih teliti saat membeli Volkswagen beetle bekas.


SUMBER:
https://vwkodok.wordpress.com/2010/10/21/tips-membeli-vw-bekas/
https://www.medcom.id/otomotif/mobil/zNP0ejEN-varian-lengkap-vw-beetle-untuk-ragam-segmen


Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS MESIN AIRCOOLED VOLKSWAGEN

SETTING KARBURATOR VW