AGAR MESIN VW TIDAK PANAS
CARA MUDAH AGAR MESIN MOBIL VW TIDAK TERLALU PANAS
Sekarang silahkan anda lihat apakah ada celah-celah menganga atau lubang pada dek mesin VW anda (lantai plat logam tipis warna hitam di ruang mesin/Gembreng mesin VW).
Kalau ada celah dan lubang hingga terlihat bagian bawah mesin seperti knalpot dan aspal, sebaiknya anda rapatkan dan tutup.
Karena jika ada lubang dan celah menganga seperti itu, udara panas dari bawah mesin akan tersedot lagi ke dalam ruang mesin dan udara panas tersebut akan masuk blower bahkan tersedot input udara karburator dimana seharusnya udara digin masuk lewat blower untuk mendinginkan mesin dan udara masuk karburator yang seharusnya bersuhu sedang tidak sepanas udara blower pendingin out.

Caranya:
- Dengan mengoleskan sealer (silicon seal) yang banyak tersedia di toko perlengkapan otomotif.
- Untuk lubang besar bisa ditambal dengan selembar plat logam tipis (semacam seng atau atap galvalum) lalu direkatkan dengan menggunakan sealer.
- Kalau ada bagian dek mesin yang bisa dibaut, sebaiknya dibaut seperti seharusnya. Kalau ada lubang di dek mesin yang jelas kegunaannya jangan ditutup.
Langkah diatas dijamin efektif menurunkan suhu ruang mesin, bahkan kalau pun kamu merasa mesin VW mu suhunya normal dan tidak bermasalah.
Hal lain yang menyebabkan suhu mesin lebih tinggi dari seharusnya:
- Belt alternator putus.
- Oli mesin kurang karena rembes, menetes atau karena lama tidak ditambah. Kisaran normal dapat dilihat pada tanda di dipstick.
- Kebiasaan buruk berkendara menggunaan gigi (gear) rendah ketika harusnya sudah ganti gigi. Misalnya sdh 45 km/jam tp masih menggunakan gigi 1.
- Setelan karbu terlalu "miskin" bahan bakar. Apabila kamu ingin mesin mobil VW mu relatif tidak panas, secara teori kamu bisa menyetel karburator menjadi "kaya". Setelan ini bisa diketahui dengan melihat busi yang menjadi agak kotor hitam jelaga.
- Oil cooler yang berada di balik rumah blower (dog house) kotor. Meskipun hal ini jarang terjadi, tetapi kalau kebetulan VWmu turun mesin akan lebih baik oil cooler nya sekalian dibersihkan.
DISCLAIMER
- Beberapa point yang saya tulis dibagian akhir hanyalah teori dan mungkin tidak memberikan perbedaaan penurunan suhu yang significant.
- jika mesin vw anda memang tidak menggunakan dek mesin/Gembreng Mesin atau sudah sengaja mencopotnya maka sudah pasti suhu Mesin Vw akan mudah panas untuk pemakaian harian
Jika anda memiliki pengalaman lain tentang permasalahan dan solusi Mesin Vw Mudah Panas pada vw aircooled type apapun silahkan bantu komentar dibawah agar pembaca lain bisa terbantu terimakasih.
PENULIS: Sutarjo (Tarjo Pakai T) https://www.facebook.com/lik.paimo
EDITOR: Aryo (Ar Yo) https://www.facebook.com/aryo.porshe.crew
EDITOR: Aryo (Ar Yo) https://www.facebook.com/aryo.porshe.crew