MESIN VW TIDAK MAU MENYALA

SOLUSI MESIN VW TIDAK BISA DINYALAKAN
(Khusus Pemula)

Kecurigaan pertama adalah masalah supplay bahan bakar maka chek hal berikut:

  1. Bensin habis.
  2. Bensin di tangki masih banyak tapi di karbu kosong (belum mengalir).
  3. Karburator banjir bensin karena pedal gas diinjak terlalu banyak kali.
  4. Pompa bensin tidak berfungsi.
  5. Karbu kemasukan air
  6. Kemasukan air di saluran bensin
  7. Choke otomatis di karbu tidak berfungsi.
  8. Setelan karbu tidak benar. Bisa karena sekrup setelan bahan bakar-udara terlalu kecil



Kecurigaan kedua adalah permasalahan Busi maka cek hal berikut:
  1. Jarak celah elektroda busi perlu disetel ulang. Karena jarak celah sudah berubah karena pemakaian yang sudah lama.
  2. Kabel busi sudah terlalu tua, putus dibanyak titik didalamnya. Ganti!
Kecurigaan ketiga adalah kelistrikan maka chek hal berikut:
  1. Kabel aki lepas atau belum dipasang lagi.
  2. Terminal aki kotor ada oksida logam krn lingkungan yang lembab/basah.
  3. Aki low bat karena penggunaan beban yang melebihi pengisian, misalnya menyalakan AC yang belum lama dipasang tapi generator (dinamo pengisian) belum di upgrade.
  4. Aki low bat karena mobil tidak dinyalakan selama beberapa minggu/bulan.
  5. Kabel dinamo starter lepas.
  6. Dinamo starter tidak berfungsi normal atau rusak.
  7. Kabel di kunci kontak lepas.
  8. Saklar Cut Off dalam posisi off.
  9. Sekring ke kontak lepas, putus atau kotor. 
kecurigaan keempat adalah permasalahan coil maka cek hal berikut:
  1. Coil tidak berfungsi normal. Ini bisa karena tegangan tinggi yang dihasilkan sudah lemah sehingga percikan bunga api di busi kecil. Ganti!
  2. Coil tidak berfungsi karena kumparan kawat didalamnya ada yang putus atau konslet. Ganti!
  3. Platina kotor perlu dibersihkan.
  4. CDI rusak.
  5. Coil tidak berfungsi normal (percikan bunga api terlalu kecil).
  6. Kapasitor minta diganti
  7. Terminal Delko basah
  8. Terminal tengah Coil yang ke Delko basah.
kecurigaan kelima adalah permasalahan Delco maka cek hal berikut:
  1. Platina kotor atau terbakar.
  2. Kabel platina lepas (yang di dalam Delko).
  3. Rotor retak/pecah.
  4. Kapasitor tidak berfungsi normal, minta diganti.
  5. Ujung kabel kapasitor kotor
permasalahan Lain:
  • Dinamo starter rusak.
  • Kalau starter pagi, beberapa VW perlu di gas sebelum, bersamaan atau sesaat setelah menstarter.
  • Pada pompa bensin membran, apabila bensin sering terlambat mengalir ke karbu maka perlu cek membrannya.


DISCLAIMER
- Kalau ada hal yang menurut anda tidak mungkin, itu karena anda belum pernah mengalami kerusakan seperti diatas.
- Di VW hal yang tidak masuk akal kadang menjadi masalah utama




Jika anda memiliki pengalaman lain tentang permasalahan dan solusi Mesin Vw tidak mau menyala pada vw aircooled type apapun silahkan bantu komentar dibawah agar pembaca lain bisa terbantu terimakasih.




PENULIS: Sutarjo (Tarjo Pakai T) https://www.facebook.com/lik.paimo
EDITOR: Aryo (Ar Yo) https://www.facebook.com/aryo.porshe.crew

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS MESIN AIRCOOLED VOLKSWAGEN

SETTING KARBURATOR VW

AGAR MESIN VW TIDAK PANAS