TIPS MENCUCI VOLKSWAGEN AIRCOOLED

TIPS MENCUCI VOLKSWAGEN AIRCOOLED TYPE


Mencuci kendaraan memang sebuah kewajiban empunya agar menjaga cat mobil tetap mengkilap serta bertujuan membersihkan kerak pada bagian bawah mobil. 
Jika mobil anda Volkswagen baik seri Beetle old,T2 bus (jerman brazil), T3 series variant, maupun 181/ savari anda harus sedikit berhati-hati dalam mencuci, terutama jika anda menggunakan mesin kompresor dalam mencuci mobil anda. Mencuci mobil ketika musim hujan ada manfaatnya seperti :
  • Terhindar dari bercak yang membandel
    • Mobil kalau terkena air hujan bisa menimbulkan bercak, kalau sudah timbul bercak dan lama didiamkan susah membersihkannya, jika sudah ada bercak noda, sebaiknya mobil dibawa ke tempat cuci mobil terdekat.
  • Terhindar dari jamur dan karat
    • Bisa terkena jamur jika udara lembab atau memicu munculnya karat pada cat yang sudah retak
Ternyata untuk mencuci Volkswagen baik seri Beetle old,T2 bus (Jerman-Brazil), T3 series variant, maupun 181/ savari tidaklah sembarangan dan harus hati-hati karena karet-karet kaca dan kondisi karet pintu serta kap sudah tidak optimal kondisinya walaupun sudah diganti. Pemasangan karet2 pada saat keadaan baru sangat kedap bila diganti karena umur beberapa kasus karet-karet tersebut tetap kurang optimal menahan air.

Berikut Beberapa tips mencuci Volkswagen untuk mengurangi beberapa resiko yang ditimbulkan:


Pada Vw T2:
  1. Pastikan lubang ventilasi udara telah tertutup melalui tuas yang ada di panel bagian Speedometer, jika kondisi terbuka dan tersemprot air maka sangat dimungkinkan air terjebak di dalam dan menimbulkan karat atau interior sedikit basah.
  2. Pastikan kaca segitiga tertutup, hindari menyemprot karet-karet segitiga secara langsung karena biasanya air masuk ke interior dan meresap ke karpet atau backdoor yang akan membuat rusak perlahan interior anda.
  3. Pastikan sleeding kaca tengah tertutup (kaca rapat).
Pada Vw T2 Dakota:

  1. Pastikan kaca ventilasi tertutup, hindari menyemprot karet-karet kaca ventilasi secara langsung karena biasanya air masuk ke interior dan meresap ke karpet atau backdoor yang akan membuat rusak perlahan interior anda.
  2. Jangan Menyemprotkan Air secara Langsung pada bagian garis antar 2 pintu, biasanya pada bagian ini air sangat mudah untuk masuk ke kabin penumpang tengah bila langsung disemprot air bertekanan tinggi.
  3. Perhatikan kaca depan dari depan, dibagian atasnya tersembunyi lubang ventilasi ke kabin, hindari menyemprotkan langsung lubang tersebut dengan air bertekanan tinggi.

Pada Vw Beetle:
  1. Pastikan Kaca segitiga penumpang depan baik kanan maupun kiri tertutup rapat dan tidak langsung disemprot air bertekanan tinggi karena air dapat  masuk ke dalam kabin dan meresap di interior dan karpet yang menyebabkan lembab lalu berkarat
  2. Jika Kaca belakang bukan model Pop-up / permanen tidaklah masalah disemprot secara langsung, namun jika kaca model Pop-up maka harus berhati-hati untuk tidak langsung menyemprotkan air ke bagian karet-karet kaca.
  3. Pastikan tangki bensin tertutup rapat agar air tidak ikut masuk ke tangki bahan bakar.

Pada Vw Beetle cabriolet :
  • Hampir sama dengan tips mencuci Volkswagen Beetle seri biasa namun bagian kanfas (soft top) disini harus lebih hati-hati terutama bagian kaca-kaca yang bila disemprot air bertekanan tinggi maka air mudah masuk ke kabin.

Pada VW 181/ safari mexico :
  • Disini kaca bagian jendela pengemudi dan penumpang berbahan dasar plastic seperti mica hanya lebih tebal dan elastis bening seperti kaca glass. pada sambungan antara jendela dan soft top cabrioletnya juga sebaiknya tidak disemptot secara langsung menggunakan air bertekanan tinggi, selain merusak jahitan airpun akan masuk ke kabin meskipun lantai2 savari ini biasanya sudah dilapisi dan anti air.
DAN PADA SEMUA VW YANG HARUS DIHINDARI ADALAH MENYEMPROT BAGIAN DALAM BAGASI DAN BAGIAN MESIN SECARA LANGSUNG DENGAN AIR BERTEKANAN TINGGI !!!


Akibat dari Menyemprot air berteganggan tinggi ke bagasi beetle / Vw 181:
  1. Air akan mengenai Komponen Kelistrikan yang dapat menyebabkan korsleting yang mungkin saja dapat memicu kebakaran akibat antar kabal yang sudah rapuh saling terhubung karena air menempel.
  2. Merusak elektronik yang terpasang di dashboard  karena kelistrikan menghadap ke bagasi dan dapat diakses melalui bagasi.
  3. Dembuat deck bagasi depan korosi apalagi jika air masuk ke sela-sela lipatan besi di bagasi.
  4. Membuat tangki bahan bakar menjadi berkarat dari luar.
  5. Dapat pula membasahi Interior kabin karena di bagasi terdapat lubang-lubang kecil ke arah kabin.
Akibat dari Menyemprot air berteganggan tinggi ke Mesin Vw T1-181,T2,T3,T4:
  1. Terjadi korsleting terutama bagian Altenator atau dinamo pengisian Accu.
  2. Merusak Kelistrikan dan juga dapat memicu korsleting yang menyebabkan Kebakaran.
  3. Air masuk ke filter udara dan tersedot ke karburator sehingga mesin susah menyala.
  4. Busi menjadi basah dan kabel busi tidak dapat mengaliri listrik secara oprimal.
  5. Rusaknya CDI (apabila sudah menggunakan ini).
  6. komponen mesin mudah berkarat dan rapuh.
  7. Air masuk ke dalam mesin dan bercampur oli lewat lubang-lubang yang tidak tertutup, seperti lubang check oli / pembuangan hawa oli.

Sekian Tips mencuci Vw yang baik dari kami, lebih baik mencuci sendiri karena bila orang lain yang mencuci terkadang kurang berhati-hati terhadap barang antik yang satu ini, sekian....



Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS MESIN AIRCOOLED VOLKSWAGEN

SETTING KARBURATOR VW

TIPS MEMBELI VW KODOK BEKAS