AC PADA VOLKSWAGEN

RAHASIA AC VW KODOK 1303 
AGAR DINGIN HINGGA AREA PENUMPANG BELAKANG


Pertanyaanya adalah seberapa dinginkah?
AC tetap mampu menjadikan kabin nyaman bahkan pada siang hari yang terik dengan membawa 3 penumpang + driver. Khususnya pada VW 1303 ataupun seri yang lebih tua rahasianya ada pada kronstruksi dimana diletakanya komponen-komponen AC tersebut .


Kali ini berdasar pengalaman dengan bereksperimen di kabin vw 1303. Setelah bereksperimen dengan berbagai tata letak:
  • Kondensor 1 di bawah ban cadangan, evaporator (blower) di pillar belakang kanan kiri. KURANG DINGIN.
  • Kondensor 1 di atas gearbox, 1 lagi dibawah ban cadangan, evaporator di dashboard. KURANG DINGIN.
  • Kondensor 1 diatas gearbox tapi posisi kurang ke atas dan fan diatas kondensor, evaporator di dashboard. KURANG DINGIN
  • Kondensor dan evaporator seperti peletakan diatas tapi ditambah terowongan angin diatas sasis agar dinginnya sampai ke penumpang belakang. KURANG DINGIN.
  • Variasi lain dengan evaporator dibelakang (di belakang jok penumpang belakang). KURANG DINGIN.



DISCLAIMER
  • Jika target AC yang kamu inginkan hanya asal agar sopir tidak berkeringat, tulisan ini tidak perlu kamu baca sampai selesai.
  • Tulisan ini khusus untuk pemasangan AC rakitan sendiri pada VW kodok 1303.
  • Pemasangan AC pada VW kodok selain 1303 kemungkinan akan lebih mudah dan juga tersedia "AC kit" buatan pabrik yang lengkap dengan komponennya yang siap untuk pasang.
  • Apabila pemasangan AC pada tulisan ini terlalu rumit, alternatif lain yang memberikan hasil memuaskan adalah dengan memasang "AC kit" buatan pabrik lengkap tinggal pasang. Rekomendasinya adalah merk Gillmore .
  • Tulisan ini hanya merupakan kesimpulan dari pengalaman  pribadi penulis, orang lain mungkin mempunyai pendapat berbeda.

Kompresor dalam hal ini juga butuh adanya perawatan yang sering kali dilupakan pemilik mobil, kompresor yang mulai mengeluarkan bunyi kasar saat beroperasi, gejala kurang dingin, atau muncul desis halus di balik dasbor kabin. Teliti dan cek semua bagian sebelum masalah besar terjadi.mengenali gejala komponen AC rusak parah bisa dilakukan dengan meneliti beberapa hal (Paling utama adanya bunyi-bunyian kasar saat AC dinyalakan, atau saat kompresor beroperasi)Berikut beberapa hal yang wajib periksa saat menemukan gejala bunyi-bunyian kasar pada kompresor AC mobil:
  • Cek tekanan freon, seharusnya tak sampai kurang dari 2 kg. Saat tekanan freon sudah lemah, berarti ada kebocoran atau kerusakan pada kompresor dan bagian-bagiannya.
  • Cek kevakuman kompresor. Komponen ini seharusnya mampu memberikan tekanan agar sirkulasi freon berjalan lancar. Saat kevakuman melemah, artinya kerusakan kompresor yang lebih parah sedang mengintai.
  • Cek bearing magnetic clutch yang menempel pada kompresor. Ini yang cukup berbahaya. Jika komponen ini macet, didiamkan, akan timbul panas dan terbakar.
Banyak kasus magnetic clutch terbakar karena macet, terbakar dan mengeluarkan asap yang masuk ke kabin. Usahakan agar bearing aus pada komponen ini segera diganti agar tidak macet (Kalau sudah terbakar, dikhawatirkan mesin mati mendadak dan ikut membakar belt yang tersambung pada mesin)


Jika anda memiliki pengalaman lain tentang permasalahan dan solusi AC pada vw kodok type apapun silahkan bantu komentar dibawah agar pembaca lain bisa terbantu terimakasih.


PENULIS: Sutarjo (Tarjo Pakai T) https://www.facebook.com/lik.paimo
EDITOR: Aryo (Ar Yo) https://www.facebook.com/aryo.porshe.crew
SUMBER LAIN : https://www.vwindonesia.com/awas-level-terparah-kerusakan-ac/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS MESIN AIRCOOLED VOLKSWAGEN

SETTING KARBURATOR VW

TIPS MEMBELI VW KODOK BEKAS