GAS MESIN VW TIDAK STABIL / TIDAK IDLE STASIONER

APABILA MESIN MOBIL VW TIDAK BISA IDLE  STASIONER
(Tutorial Khusus Pemula)

Ketika mesin mobil VW tidak bisa idle dan anda harus selalu menginjak pedal gas agar mesin tidak mati maka ada sebuah solusi dan kemungkinan permasalahan yang terjadi pada Mesin VW anda.

Untuk lebih pasti Silahkan cek:

  1. Setelan karburator tidak betul.Solusi Setel ulang, pastikan setelan Air By-pass Screw benar.
  2. Saluran kapiler di dalam karburator tersumbat kotoran. Solusi Bersihkan dengan cara dibongkar terlebih dahulu.
  3. Kabel ke Solenoid lepas. Solenoid adalah mekanism elektronik yang ketika kunci kontak di on kan maka akan membuka katup di saluran kapiler bensin+udara di dalam karburator. Jika kabel lepas maka tidak ada arus listrik ke solenoid untuk membuka katup. Katup dalam posisi masih dalam keadaan menutup. Campuran bensin-udara yang lewat jalur Air by-pass Screw tidak bisa mengalir. Solusi Pasang kembali dengan cara mencolokkan.
  4. Banjir bensin di area pelampung pada karburator. Solusi Jangan menginjak pedal gas berulang kali sebelum mesin menyala.
  5. Kebocoran di intake manifold. Solusi Pastikan karet boot masih bagus, ganti sealer lalu pasang dengan rapat.
  6. Sambungan karburator ke manifold kurang rapat.
  7. Solusi Rapatkan. Pastikan packing masih bagus dan sealer ganti baru.
  8. Pilot Jet (baca Spuyer stasioner) tersumbat. Solusi Lepas dengan obeng lalu bersihkan menggunakan bensin, Carb Cleaner, ditiup atau dikorok satu helai kabel rambut.
  9. Solenoid rusak.Solusi Ganti baru/copotan yang masih berfungsi.
  10. Pompa bensin rusak.disini jika anda masih menggunakan Pompa Membran bawaan asli maka harus dibongkar dan di cek apakah sedotan bensin dari tangki ke karbu normal,jika tidak segera ganti. jika anda sudah berganti ke Rotak maka hanya mengganti rotaknya saja.
  11. Selang booster bocor/Karet dalam Boster bermasalah (apabila menggunakan booster rem).Solusi Ganti selang dan perbaiki Boster.

DISCLAIMER
Tutorial ini ditulis oleh pemula, apabila problem berlanjut silahkan hubungi bengkel VW terdekat!
Masukan dari teman-teman VW sangat diharapkan.

Jika anda memiliki pengalaman lain tentang permasalahan dan solusi gas Mesin Vw yang tak stabil pada vw aircooled type apapun silahkan bantu komentar dibawah agar pembaca lain bisa terbantu terimakasih.


PENULIS: Sutarjo (Tarjo Pakai T) https://www.facebook.com/lik.paimo
EDITOR: Aryo (Ar Yo) https://www.facebook.com/aryo.porshe.crew


Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS MESIN AIRCOOLED VOLKSWAGEN

SETTING KARBURATOR VW

AGAR MESIN VW TIDAK PANAS